Walau PMK Melanda, Warga Tetap Antusias Berkurban

Gus Sadad bersama Plt Gubernur Emil Dardak.

SURABAYA, beritakata.id - Wakil ketua DPRD Jawa Timur Gus Anwar Sadad menyerahkan hewan kurban mewakili DPRD Jawa Timur di Masjid Al Akbar Surabaya, Minggu (10/7/2022). 

Penyerahan hewan kurban tersebut dilakukan Gus Sadad usai salat Idul Adha bersama Forkopimda Jatim. Salah satunya bersama Plt Gubernur Jatim Emil Dardak.

Politisi Gerindra yang diminta maju sebagai calon gubernur Jawa Timur pada 2024 ini menegaskan, meski wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) merebak, nyatanya tidak mempengaruhi masyarakat untuk berkurban. 

Terbukti dari jumlah hewan kurban yang diterima oleh takmir masjid Al-Akbar, ternyata tahun ini jumlah hewan kurban yang diterima lebih banyak daripada tahun sebelumnya. 

"Walau PMK melanda, tidak menyurutkan warga menjalankan ibadah dengan cara berkurban," ujar keluarga pengasuh Ponpes Sidogiri Pasuruan ini. 

Gus Sadad dalam momen idul qurban ini, mengajak masyarakat untuk mengikuti keteladanan Nabi Ibrahim yang totalitas dan loyalitas penuh tehadap perintah Allah, menjalankan perintah Allah menyembelih anaknya. 

Hikmah dari Idul Adha, lanjut Sadad, adalah membunuh nafsu kebinatangan dan menjadi manusia yang sesungguhnya. 

Dia mengajak masyarakat tabah setelah menghadapi wabah pandemi Covid-19. Ketika berupaya untuk pulih, malah wabah PMK datang melanda. 

Untuk mencegah terus meluasnya wabah PMK, Gus Sadad meminta Pemprov Jatim untuk terus memantau pergerakan hewan ternak antar-daerah, karena traffic-nya cukup tinggi. 

"Pemantauan dan pencegahan meluasnya wabah PMK tetap urgen dan harus dilakukan. Hewan yang diperjualbelikan Haris sesuai standar kesehatan hewan," pungkas Gus Sadad. ig

1729

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id