Truk Alpomain Tambal Jalan Rusak Lebih Cepat di Kabupaten Probolinggo

Hengki CS (paling kiri) bersama Wabup Timbul (tiga dari kiri) menyaksikan kecanggihan truk alpomain menambal jalan rusak.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memiliki satu unit truk Alpomain untuk memperbaiki lebih cepat jalan kabupaten yang rusak. 

Truk tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko di Kantor Kecamatan Maron, Senin (5/12/2022). 

Timbul menyebut, akan kembali melakukan pengadaan truk serupa untuk melakukan pemeliharaan jalan. Sebab, truk ini fungsinya untuk menambal jalan yang berlubang. 

"Truk ini untuk menambal jalan yang berlubang agar tidak semakin parah. Di Kabupaten  Probolinggo  ada sekitar 500 ruas jalan dan targetnya akan kami perbaiki dengan cara dicicil," ujar Timbul. 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo, Hengki Cahyo Saputra mengatakan, pengadaan truk tersebut melalui E-Katalog dengan anggaran sekitar Rp1,8 M. 

"Truk Alpomain ini merupakan truk yang multifungsi. Kami petakan ruas jalan yang akan ditambal sulam agar tidak semakin parah," tutur Hengki. 

Hengki menambahkan, idealnya ada tiga truk Alpomain untuk pemeliharaan jalan di Kabupaten Probolinggo. Aspal yang digunakan  adalah aspal dingin dan harus digunakan lebih dari tiga bulan. Oleh karenanya, pihaknya pun akan memetakan dengan betul jalan yang perlu diperbaiki. 

"Dengan satu truk ini saja kita bisa memperbaiki jalan berlubang dengan cepat karena di dalamnya sudah ada jack hammer, hot mix pemanas aspal, sprayer dan wales," tandas Hengki. ig/fat

1304

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id