Tampil Totalitas, Desa Kebonagung Peserta Terbaik Pawai Budaya Pemkab Probolinggo

Kades Kebonagung (dua dari kanan) menerima penghargaan peserta terbaik pawai budaya. (Foto Vivin Kebonagung)

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Hasil tak mengkhianati proses. Tampil dengan sungguh-sungguh dan totalitas, membawa Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, menjadi peserta terbaik kategori pemerintah desa dalam ajang Pawai Budaya Pelangi Nusantara yang digelar Pemkab Probolinggo. 

Kades Kebonagung Widi Purwanto menerima piala dan penghargaan dari Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko pada malam resepsi kemerdekaan RI ke-77, yang dihadiri Plt Bupati, Forkopimda, di pendopo Bupati, Selasa (23/8/2022) malam. Widi menerima penghargaan bersama kontingen terbaik lainnya dari unsur OPD, sekolah dan pemerintah desa. 

Menurut Widi, jumlah personil yang ikut ke dalam regu Kebonagung tidak direncanakan. Dirinya menyerahkan penuh kepada warga. 

Namun, sikap bersahaja itu disambut antusias. Warga Kebonagung yang berasal dari lima dusun atas inisiatif sendiri mengikuti pawai dengan mengenakan pakaian adat dan kesenian Nusantara. 

"Kami senang setelah diganjar sebagai peserta terbaik. Busana adat yang dikenakan untuk mengenalkan adat Nusantara kepada anak-anak dan masyarakat," kata Widi. 

Vivin Purwanti, warga Dusun Pengadangan, Kebonagung, mengatakan, regu Kebonagung beranggotakan 80 orang. Mereka berasal dari Dusun Krajan, Karangasem, Karang Dampit, Pengadangan, dan Gilin. 
 
Kebonagung menampilkan hiasan garuda, manusia silver, ondel-ondel, sakera, tim marlena, tim Hadrah Hadratusholehah, pasukan pengibar bendera, pakaian baju adat Jawa dan Madura. Banyak masyarakat mengajak foto bersama regu Kebonagung di sepanjang rute, terutama manusia silver.

"Kami ikut karnaval atas kemauan sendiri. Infonya dari brosur, lalu mendaftarkan tim yang difasilitasi perangkat desa. Alhamdulillah. Dapat penghargaan terbaik. Kami memberikan yang terbaik dalam pawai," tukas Vivin. 

Diberitakan sebelumnya, Pemkab Probolinggo berhasil mengedukasi sekaligus menghibur masyarakat, melalui Pawai Budaya Pelangi Nusantara dalam Karnaval Kraksaan, yang digelar Sabtu (20/8/2022). 

Puluhan peserta pawai dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekolah dan pemerintah desa, mengenalkan adat dan kesenian nusantara dari berbagai penjuru negeri. 

Panitia Karnaval juga menyusupkan semangat kebersamaan, kebhinekaan dan persatuan dalam pawai budaya memperingati HUT ke-77 RI tersebut. ig/fa

1218

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id