Suara Gapensi Terkait Ugas Kandidat Pj Bupati

Agus berpendapat tentang Sekda Probolinggo Ugas yang digadang-gadang menjadi Pj Bupati.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) Kabupaten Probolinggo Dwi Agus Hariyanto tak mau ketinggalan menyatakan harapannya kepada Sekda Ugas Irwanto agar ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Probolinggo. 

Menurut Agus, Ugas cocok menjabat Pj Bupati lantaran sudah mengemban posisi sekda sehingga mudah menggerakkan roda organisasi. 

"Beliau juga puluhan tahun sebagai birokrat di Kabupaten Probolinggo. Tentu sangat mudah  menguasai lapangan dan menjalankan program kegiatan yang sudah direncanakan," ujar Agus, Rabu (2/8/2023). 

Agus menambahkan, kalangan pengusaha membutuhkan iklim kondusif untuk menjalankan usaha sekaligus menggerakkan perekonomian daerah. 

"Pilihan pas memang Pak Ugas untuk mengisi posisi Pj Bupati setelah Plt Bupati Timbul Prihanjoko masa jabatannya berakhir pada 23 September 2023," jelas Agus. 

Diketahui, masa jabatan Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko berakhir pada 24 September 2023. 

Kemendagri mengirimkan surat edaran kepada Pemda agar mengirimkan nama untuk diusulkan DPRD sebagai Pj Bupati Probolinggo untuk mengisi kekosongan. 

Nama Sekda Ugas Irwanto muncul sebagai kandidat kuat menjadi Pj Bupati Probolinggo. 

Pasalnya, sesuai UU Nomor 10 Tahun 2016, ada sejumlah syarat yang perlu diperhatikan yang akan diusulkan menjadi Pj Bupati Probolinggo.

Salah satu syaratnya itu ialah berasal dari jabatan pimpinan tinggi Pratama yaitu seperti eselon II A di lingkungan Pemkab Probolinggo yang saat ini diduduki Ugas Irwanto. ig/fa

822

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id