Santiyono Kepala Bappeda: Jembatan Kaca 120 Meter, Pakai APBN Rp 16 Miliar

Gambaran jembatan kaca Seruni Poin.

PROBOLINGGO, beritakata.id - Jembatan Kaca Seruni Point Sukapura yang dibangun di kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) kini sudah memasuki sekitar 50 persen tahap pengerjaan. 

Kepala Bappeda Kabupaten Probolinggo, Santiyono menyebut, pembangunan tersebut juga berasal dari APBN. Sejumlah OPD juga sudah turun ke lokasi untuk peninjauan status kepemilikan lahan. 

"Jembatan Kaca Seruni Point Sukapura ini dibangun dengan panjang 120 meter. Kedalaman jembatan sekitar 80 meter dengan anggaran sekitar Rp 16 miliar yang berasal dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara)," kata Santiyono. 

Plt Kepala BBTNBTS, Novita mengatakan, tahap pembangunan masih berfokus pada pengerjaan pondasi jembatan kaca itu. 

"Diperkirakan pembangunan jembatan kaca ini rampung pada tahun ini. Diharapkan, jembatan kaca ini mampu mendongkrak PAD Kabupaten Probolinggo menjadi lebih tinggi," tutur Novita, Selasa (5/7/2022). 

Pihaknya juga sudah menghadap Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko untuk membahas teknis pengelolaan awal jembatan kaca tersebut. 

"Nantinya, pengelola wisata jembatan kaca itu bakal diberi transfer knowladge dan teknologi pendukung yang diperlukan oleh Kementerian PUPR," kata Novita. 

Plt Bupati Probolinggo sempat meninjau langsung lokasi pembangunan jembatan kaca itu sekitar akhir Juni lalu. Menurut Timbul, idealnya, pengelolaan spot wisata jembatan kaca itu ditangani oleh lembaga khusus. 

"Hal ini sesuai dengan kesepakatan sebelumnya dengan Kemenparekraf, selama tiga tahun pertama, spot wisata itu ditangani oleh sementara oleh kementrian," jelas Timbul. 

Tahun depan, pemerintah pusat juga bakal membangun gerbang  pintu masuk dan rest area di sekitarnya di tiga titik. ig

1330

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id