Rem Blong, Bus Muat Pelajar Tabrak 5 Kendaraan

Kondisi bus yang mengalami kecelakaan

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Sebuah bus yang memuat siswa asal Madrasah Aliyah (MA) Al-Azhar Asyari Jakarta Selatan mengalami kecelakaan di jalan raya Lumbang, Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo karena rem blong saat perjalanan pulang dari wisata Gunung Bromo, Selasa (7/3/2023).

Kecelakaan tersebut melibatkan sebuah bus dengan lima kendaraan lain diantaranya satu truk, tiga kendaraan roda empat, dan satu kendaraan roda dua.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi melalui Kasat Lantas AKP M. Sapari menjelaskan kornologi kecelakaan itu. Ini bermula ketika bus Hino nopol D 7849 AQ dikemudikan Mansyur Wahyudi berjalan turun dari Sukapura.

Sesampainya di TKP, Mansyur kehilangan kendali busnya setelah mengalami rem blong hingga kemudian menabrak truk cold diesel nopol L 9564 CF milik Agus Wijaya yang tengah diparkir di bahu jalan.

Sayangnya tabrakan tersebut tetap tidak membuat bus berhenti dan tetep melaju ke arah utara menabrak kendaraan L300 Box nopol N 9158 GD yang dikemudikan  Dwi Purwanto, lalu menabrak kendaraan Isuzu Panther nopol N 1239 PE dikemudikan Khoirul Anwar.

Setelah menabrak beberapa kendaraan, laju bus tetap tidak berhenti dan menabrak pikap nopol N 8675 NK dan sepeda motor Honda Beat nopol N 3557 MI yang dikendarai Winda Felianti.

"Laju bus baru berhenti setelah pengemudi melakukan banting kemudi stir ke kiri dan masuk ke parit sebelah barat bahu jalan hingga berhenti di lahan kosong milik warga," kata Sapari.

Sapari menambahkan, akibat kejadian tersebut, dua orang mengalami luka berat dan tiga orang lainnya mengalami luka ringan.

Seluruh korban saat ini telah mendapat perawatan di rumah sakit daerah Probolinggo. Untuk penyebab kecelakaan masih dalam  penyelidikan. ig/fat

1015

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id