Program Rapor Sekolah Jadi Rujukan Sistem Evaluasi Pendidikan

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Fathu Rozi

PROBOLINGGO, beritakata.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo memiliki program baru dari Kementrian Pendidikan di episode 19 dengan nama Rapor Pendidikan. Rapor ini merupakan singel data terhadap seluruh sistem evaluasi pendidikan.

Keplala Dispendik Kabupaten Probolinggo, Fathur Rozi menyebut, nantinya, rapot tersebutlah yang akan menjadi basis rujukan dispendik setempat untuk menyusun perenecanaan dan tindak lanjut perbaikan kualitas pendidikan.

“Tentu ini bersamaan dengan Hari Jadi Kabupaten Probolinggo dan membuat kami tambah bersemangat untuk meningkatkan pendidikan di sini. Mengingat, tema yang diusung kali ini adalah Mempercepat pertumbuhan ekonomi,Perlindungan Sosial, Kesehatan, Pendidikan dan  Infrastruktur dasar,” ujarnya, Selasa (19/4/2022).

Program ini sudah mulai dieksekusi. Penganggaran yang kini sedang dilakukan pergeseran sudah disesuaikan oleh dispendik. Sebab, apa yang ada di dalam Rapor Pendidikan itu menjadi SPM (Standar Pelayanan Minimal) yang sudah tersambung dengan Kemendagri dalam SIPD (Sistem Informasi Penganggaran Daerah).

“Saat ini kan penganggaran kami menggunakan SIPD dan sudah ngelink. Maka dalam proses pergeseran kami fokuskan dalam upaya mencapai dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga Rapor Pendidikan jadi lebih baik. Itu di internal kami,” jelasnya.

Sedangkan untuk satuan pendidikan atau sekolah, pihaknya mendorong tiap sekolah menggunakan dana BOS dan BOP dalam proses penyusunan RKASnya (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) juga berbasis kepada Rapor Pendidikan.

Menurutnya, perlu diadakan pelatihan-pelatihan, workshop atau bimbingan  kepada guru. Lalu juga dukungan dari masyarakat di dalam pengelolaan sekolah. Ia menambahkan, manajemen sekolah harus partisipatif, transparan dan akuntabel.

“Keterlibatan orang tua juga menjadi keniscayaan. Jadi mereka juga harus memiilki rasa kepmilikan terhadap sekolah. Baik sumbang saran pikiran maupun tenaga asal sesuai dengan aturan yang ada,” tuturnya. ig

1347

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id