Produk UMKM Coffee Beer Asal Probolinggo Halal? Berikut Penjelasannya

King Coffee Beer buatan asli UMKM Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Tak seperti namanya, Coffee beer (kopi bir). Kata “beer” yang biasa identik dengan minuman beralkohol itu ternyata halal untuk dikonsumsi. Minuman ini adalah buatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) asal Kabupaten Problinggo dan dijamin 100% halal.

Mahadika Nabil Zhafran, salah satu bagian tim dari King Coffee Beer mengatakan, ide pembuatan coffee beer ini muncul saat dirinya bersama tiga kawannya tengah berada di perantauan untuk mencari ilmu (kuliah).

“Kami saat itu tak punya kesibukan selain kuliah. Tiba-tiba ide ini muncul. Kami ingin membuktikan kalau pemuda kampung seperti kami ini bisa berinovasi untuk produk lokalnya sendiri dan juga ingin memberi tahu kalau kami ini Reng Probolinggo (orang Probolinggo). Tempat pembuatannya ada di Kecamatan Kraksaan,” ujar Dika, Senin (9/1/2023).

Coffe beer ini sendiri, lanjut Dika, merupakan minuman legendaris asli Jawa Timur dan sudah ada sejak tahun 1990-an, biasa disebut dengan limun. Pihaknya pun mengolah kembali minuman ini secara manual dengan memadukan kopi moka.

“Penggunaan kata beer ini untuk menunjukkan adanya soda di dalamnya. Tidak ada alkohol sama sekali di coffee beer ini. Kami jamin halal 100% karena sudah terdaftar di departemen kesehatan (Depkes). UMKM ini berdiri sejak tahun 2018 dan sudah dikirim ke berbagai daerah,” terang Dika. 

Selain itu, pihaknya juga bersyukur, dengan adanya produk lokal buatan asli Probolinggo ini bisa menyerap 10 sampai 15 tenaga kerja. Di antaranya adalah pemuda yang putus sekolah dan pemuda yang tinggal disekitar UMKM itu berdiri. ig/fat

1789

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id