Polres Probolinggo Gagas Festival Rawon, Plt Bupati: Kita Buktikan Daging Sapi Aman Dikonsumsi

Kapolres Arsya dan Plt Bupati Timbul bersama piagam rekor Muri festival rawon.

PROBOLINGGO, beritakata.id – Sekitar 5.000  masyarakat di Kabupaten Probolinggo makan bersama nasi rawon yang disajikan oleh Polres Probolinggo secara gratis untuk membuktikan kalau daging sapi aman untuk dikonsumsi di tengah wabah PMK yang melanda, di Alun-Alun Kota Kraksaan, Rabu (6/7/2022) 

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, kegiatan ini digelar untuk melawan hoax yang beredar terkait daging sapi yang berbahaya untuk dikonsumsi sekaligus juga untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-76.

“Kami sajikan hidangan rawon ini kepada 5.000 lebih masyarakat di Kabupaten Probolinggo. Jumlah porsi yang terhituang mencapai 5,236 porsi. Rawon dipilih sebagai menu makanan karena berbahan dasar daging sapi,” kata Arsya.

Menurut Arsya, masyarakat tidak perlu lagi khawatir dengan isu tidak benar itu. Banyak masyarakat yang memiliki usaha berbahan dasar daging terdampak. 

Dengan adanya gerakan makan rawon bersama ini, Arsya berharap bisa mengembalikan kondisi di mana masyarakat tidak takut mengkonsumsi olahan berbahan dasar daging, khususnya daging sapi.

Arsya menjamin daging sapi yang dihidangkan untuk 5.000 lebih masyarakat itu sehat dan aman. Penyembelihan maupun proses pengolahannya juga sudah melalui SOP. Selain itu, Polres Probolinggo juga menyediakan susu sapi sebanyak 760 liter siap minum.

Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengapresiasi Kapolres Probolinggo yang sudah menginisiasi kegiatan itu. 

Menurut Timbul, kegiatan yang digelar ini memberikan manfaat yang begitu berarti bagi para pengusaha kecil.

“Kami kasihan kepada para pelaku UMKM dan pengusaha kecil yang terdampak akibat PMK. Ayo kita buktikan daging aman dikonsumsi untuk membantu mereka. Jangan mudah terprovokasi. Pemerintah juga sudah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi ini, mulai dari pemberian dan obat untuk hewan ternak bahkan anggaran sudah kami gelontorkan untuk penangan PMK,” tandas Timbul. 

Kegiatan itu juga memecahkan rekor dunia dan diberi penghargaan oleh MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), sebagai sajian rawon terbanyak di dunia sebagai rekor yang ke-10.414 dengan jumlah sajian 5.236 porsi rawon. ig

1396

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id