PMII Demo Kantor Pemkab, Ini Respon Sekda Probolinggo

Mahasiswa membawa berbagai spanduk saat melakukan aksi unjuk rasa

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Sejumlah mahasiswa yang tergabung di PC PMII Probolinggo melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Bupati Probolinggo, Kamis (15/6/2023).

Mereka menilai, ada sejumlah kejanggalan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018-2022.

Para mahasiswa meminta Plt Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto untuk menemui mereka.

Sayangnya, saat itu kedua pejabat tersebut tidak ada di kantor karena adanya kegiatan keberangkatan haji di hari yang bersamaan.

Para demonstran ditemui oleh staff bupati, Agus Mukson. Ia menjelaskan, aspirasi dari mahasiswa akan ditampung walau bupati dan Sekda tidak ada di lokasi.

Namun, mahasiswa yang hadir di sana tidak puas dengan hal itu. Mereka merasa sudah terlalu sering diberi alibi tersebut.

Ketua PC PMII Kabupaten Probolinggo, Abu Rizal Hakim menyebut, mereka sangat kecewa dengan pengelolaan APBD yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

“Pemkab gagal merealisasikan anggaran sesuai dengan undang-undang yang ada. Kami akan datang kembali dengan massa yang lebih banyak dari ini untuk menyampaikan aspirasi kami,” ujar Rizal.

Rizal menilai, Pemkab Probolinggo gagal dalam tiga hal. Yakni, gagal mengelola anggaran, gagal mengentaskan kemiskinan dan tidak berpihak kepada rakyat.

“Kami juga mendesak agar pengelolaan anggaran bisa transparan,” minta Rizal.

Menanggapi adanya aksi itu, Sekda Ugas sangat berterima kasih atas aspirasi terkait pengelolaan keuangan daerah itu.

Menurut Ugas, itu menjadi motivasi tersendiri baginya untuk memperbaiki sistem yang sudah berjalan. Mengingat, penyusunan APBD Itu sudah dibuat sebelum dirinya menjabat sebagai Sekda.

“Kami terus berkomunikasi dengan unsur masyarakat dan akademisi untuk memperbaiki proses pengelolaan keuangan. Sehingga ke depan, saya akan terus bekerja keras termasuk dalam pengentasan kemiskinan dan pendidikan. Akan saya tata lagi,” kata Ugas. ig/fat

847

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id