Pelayanan SKCK Hingga SIM Dinilai Baik, Terima Penghargaan dari Kementerian

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi saat menerima penghargaan dari kementrian

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan kepada Polres Probolinggo atas kategori pelayanan prima hasil dari Pemantauan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) tahun 2022 di lingkungan Polri.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Biro Rena Polda Jatim kepada Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi di ruang kerja Kapolres.

"Atas nama pribadi dan sebagai Kapolres Probolinggo memberikan apresiasi atas kerja keras, dedikasi, integritas dan komitmen seluruh personel yang telah bekerja dengan baik, dengan memberikan pelayanan yang prima kepada warga masyarakat,” kata Arsya.

Arsya menyebut, penghargaan kategori pelayanan prima yang diberikan oleh Kemenpan RB kepada Polres Probolinggo berdasarkan evaluasi kinerja unit penyelenggara pelayanan publik kepada Polres, Polresta, Polrestabes, dan Polres Metro di lingkup Kepolisian Republik Indonesia  seperti tertuang dalam Pasal 7 ayat (3) huruf c UU No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Kriteria penilaian pelayanan prima ini, terang Kapolres, dilakukan setiap tahun oleh Kemenpan RB di setiap unit pelayanan. Penilaian di antaranya terhadap pelayanan SPKT, SKCK dan pelayanan pembuatan SIM, dengan kriteria penilaian mulai dari sarana dan prasarana, fasilitas tempat pelayanan, serta sumber daya personel yang memiliki kompentensi pada masing-masing bidang pelayanan.

"Penilaian lainnya juga ditambah ketersediaan petugas pelayanan yang memiliki sumber daya manusia profesional dan memadai. Selain itu memiliki sarana informasi pelayanan publik yang baik dan humanis dengan tersedianya pelayanan konsultasi dan pengaduan, serta terus melakukan pengawasan internal untuk memastikan dan menjamin pelaksanaan pelayanan terhadap publik bisa cepat dan tepat," tuturnya.

Arsya menambahkan, untuk mempertahankan predikat ini jauh lebih berat, di mana Polres setempat terus berupaya meningkatkan pelayanan dengan mempermudah setiap urusan terkait dengan berbagai pelayanan kepolisian.

"Jadi kepolisian terus berupaya mempermudah pelayanan administrasi yang mulai dilaksanakan secara digital, serta menghindari pelanggaran sekecil apapun bentuknya agar pelayanan prima bisa terus diwujudkan serta kepada Polsek jajaran agar semakin dekat dengan masyarakat sehingga pelayanan kepolisian dapat diberikan dengan sangat baik dan maksimal," pungkasnya. ig/fat

797

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id