Mengenal Apa Itu Aplikasi Sasmita yang Jadi Pusat Data Kemiskinan

Aplikasi Sasmita. (Foto integraindonesia.co.id)

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id -Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah atau Bapelitbangda Kabupaten Probolinggo memiliki aplikasi bernama Sasmita. 

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Alfiatul Khoiriyah mengatakan, aplikasi Sasmita akronim dari Sistem Analisa Kemiskinan Terpadu Daerah. 

Di dalam Sasmita, terdapat sejumlah data seperti Prosedur Permintaan Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Aplikasi ini menyediakan data khusus kemiskinan di Kabupaten Probolinggo by name by address. Kita bisa melihat si A mendapatkan program bantuan apa saja melalui aplikasi ini. Juga untuk menghindari data yang double dan semacamnya,” terang Alfia, Kamis (13/7/2023). 

Aplikasi ini pun diapresiasi Brida karena memudahkan pendataan program. 

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Jawa Timur, Yudiyanto Tri Kurniawan menyebut, aplikasi Sasmita membantu pihaknya memetakan program yang ada. 

"Selama ini program berjalan sendiri-sendiri, jadi datanya akan dipusatkan agar disinkronkan di Sasmita ini supaya tepat sasaran dan lebih cepat,’ tutur Yudiyanto. ig/fa

880

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id