KKN Mahasiswa Unikama, Meriahkan HUT RI di Desa Sukomulyo

Mahasiswa Unikama saat melaksanakan KKN

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Sebanyak 10 mahasiswa asal Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) dari Fakultas Hukum melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama satu bulan penuh di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo.

Ke-sepuluh mahasiswa tersebut mengabdikan dirinya kepada masyarakat Desa Sukomulyo sejak Selasa (1/8/2023) hingga Kamis (31/8/2023) lalu.

Salah satu mahasiswa Unikama yang melaksanakan KKN, Fitrah menjelaskan, kegiatan KKN yang dilaksanakan bersama sembilan mahasiswa lainnya bertepatan dengan momentum peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus.

Mereka pun memeriahkan peringatan HUT RI dengan menggelar sejumlah kegiatan. Di antaranya, jalan sehat, pengajian, dan berish-bersih desa.

“Ini adalah upaya memupuk rasa cinta tanah air dan kebersamaan. Selain itu, kami juga membantu masyarakat dalam proses perizinan usaha dengan tujuan membantu perekonomian warga desa supaya semakin maju. Selaras dengan tema kemerdekaan tahun ini, yaitu Terus Maju untuk Indonesia Maju,” jelas Fitrah.

Menurut Fitrah, sangat penting bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan semacam ini, karena selain memperluas wawasan dan keterampilan, mereka juga memberikan kontribusi positif kepada warga sekitar.

Kepala Desa Sukomulyo, Sulaksono mengapresiasi inisiatif mahasiswa KKN dari Unikama yang turut memeriahkan HUT RI ke-78 di desanya itu.

“Inisiatif dan kerja keras mahasiswa Unikama Fakultas Hukum dalam KKN di Desa Sukomulyo ini patut diapresiasi. Kegiatan yang mereka lakukan dalam pengabdian kepada masyarakat kami merupakan contoh nyata dari tanggung jawab sosial sebagai calon profesional hukum,” tutur Sulaksono.

Sulaksono berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk berperan aktif dalam pengembangan masyarakat dan memperkuat keterampilan mereka dalam dunia hukum. ig/fat

160

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id