Kejurnas Arung Jeram Digelar di Probolinggo, 300 Peserta Adu Ketangkasan

Peserta arung jeram beradu ketangkasan

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Songadventure menjadi tuan rumah dalam ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram yang digelar tiap tahun. Para atlet beradu ketangkasan di aliran sungai Pekalen, Desa Condong, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo, mulai Selasa (29/11/2022) sampai Minggu (4/12/2022).

Total ada 60 tim dari 21 provinsi di Indonesia yang meramaikan kejuaraan tersebut mewakili provinsi masing-masing. 

Ketua Panitia Kejurnas Arung Jeram 2022, Abdullah mengatakan, dari 60 tim itu total ada sekitar 300 orang yang bertanding dalam kejuaraan tersebut.

“Jawa Timur sendiri mengirim tujuh tim yang mana empat tim di antaranya murni atlet asal Probolinggo,” terang Abdullah, Kamis (1/12/2022).

Abdullah menyebut, tim yang mewakili Jawa Timur sudah terseleksi dalam ajang kejuaraan daerah (Kejurda) lalu. 

“Ada empat kelas di perlombaan ini, yakni Youth (putra-putri), Junior (putra-putri), Open (putra-putri) dan Master (putra-putri). Mereka bertanding di empat kategori, yakni Sprint (500 meter), Slalom (500 meter), Head to Head (500 meter) dan Downriver Race (3-4 kilometer),” jelas Abdullah.

Pada kategori sprint yang digelar di hari pertama, Jawa Timur memperoleh dua medali emas dan satu medali perak. Para atlet masih akan bertanding untuk tiga kategori yang akan digelar di hari berikutnya.

Untuk kesiapan keselamatan atlet, Songadventure menyiagakan 100 orang untuk tim rescue yang berjaga di sepanjang rute. 

“Selain itu, ada sekitar 100 juri yang didatangkan dalam perlombaan ini dari masing-masing provinsi. Kami siapkan 23 perahu dan penginapan dalam Kejurnas ini,” tandas Abdullah. ig/fat

1144

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id