Kapolres Probolinggo Sidak Kantor Satlantas, Pastikan Pelayanan SIM Sesuai Aturan

Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana bertanya kepada peserta uji SIM

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Kapolres Probolinggo, AKBP Wisnu Wardana melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Probolinggo, Sabtu (19/08/23).

Sidak ini dilakukan untuk memastikan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai aturan, serta untuk mengantisipasi adanya praktik percaloan.

"Jadi sidak ini untuk memastikan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tetap baik. Juga untuk mengawasi dan mengendalikan penerbitan dan perpanjangan SIM sesuai peraturan," ujar Kapolres Wisnu.

Sidak yang dilakukan oleh Kapolres Probolinggo ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan SIM di Polres Probolinggo.

Masyarakat juga diharapkan dapat memberikan informasi kepada kepolisian jika ada dugaan praktik percaloan dalam penerbitan dan perpanjangan SIM.

Hampir seluruh ruangan pelayanan pengurusan SIM di Kantor Satlantas ini tak luput dari sidak, mulai dari pendaftaran, hingga uji praktik.

Dalam sidak tersebut, kapolres juga sempat bertanya terkait pelayanan kepada sejumlah pemohon SIM. Mulai pelayanan petugas, hingga besaran biaya pembuatan serta perpanjangan SIM.

Selain itu, kapolres juga memastikan, ujian praktik SIM sesuai arahan Mabes Polri. Yakni, ada perubahan lintasan yang awalnya berbentuk angka "8" kemudian diubah menjadi seperti huruf "S".

"Dari sidak ini, alhamdulillah setelah saya tanyakan ke pemohon, proses pembuatan dan perpanjangan SIM hingga biaya yang dikenakan tetap sesuai prosedur. Pelayanan yang diberikan petugas juga sudah baik. Jika ada keluhan untuk segera disampaikan ke saya, Kasat Lantas hingga petugas lainnya," jelas Wisnu.

Sementara, pemohon SIM asal Gending, Arjidan Rafa Ibrahim (18) mengaku, bersyukur atas SIM yang didapatnya. Sebelumnya ia dinyatakan tidak lulus saat uji praktik di lintasan. Namun setelah adanya perubahan lintasan ia akhirnya dinyatakan lulus.

"Saya tidak tahu kalau ada perubahan lintasan uji praktik SIM yang mana lebih mudah dipelajari daripada lintasan sebelumnya," ujarnya.

Sidak yang dilakukan oleh Kapolres Probolinggo ini mendapat apresiasi dari masyarakat. Mereka menilai, sidak ini merupakan bentuk keseriusan kepolisian dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. ig/fat

 

720

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id