Kalimas 4: Kisah di Balik Seleksi Sekda Probolinggo

Yulius, Ugas, Heri dan Edy sama-sama jebolan Kalimas 4.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Empat pejabat jebolan Kalimas 4, lolos dalam seleksi terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo beberapa waktu lalu. 

Mereka adalah Kepala Diskominfo, Statistik dan Persandian Yulius Christian, Asisten Pemerintahan dan Kesra Heri Sulistyanto, Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Edy Suryanto. 

Keempat orang ini lolos seleksi sekda. Bahkan tiga nama terakhir tembus tiga besar calon sekda menggantikan Soeparwiyono. 

Yulius, Heri, Ugas dan Edy pernah tinggal dalam satu kos-kosan di Jalan Kalimas Nomor 4 Desa Kalirejo, Kecamatan Dringu, puluhan tahun lalu. Saat itu mereka mengikuti pendidikan dan pelatihan.

Para pejabat eselon II ini sama-sama alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), sekarang IPDN. 

"Kami dulu pernah tinggal bersama dalam satu kos-kosan, yang kami beri nama Kalimas 4. Jebolan Kalimas 4. Tak pernah menyangka, dalam episode kehidupan saya, mereka bertiga yang saya kenal lolos tiga besar seleksi sekda," kata Yulius, Sabtu (26/11/2022). 

Yulius menyebut, dirinya menjalin hubungan baik dengan ketiga calon sekda tersebut sejak lama. Semuanya baik dan berkompeten. 

Heri pernah menjadi atasan dan rekan kerja Yulius di sejumlah OPD, sehingga mengenal kepribadiannya dengan baik. 

"Mas Ugas sudah seperti saudara. Dengan Pak Edy juga dekat. Semoga mereka bertiga diberikan yang terbaik oleh Yang Maha Kuasa," ujar Yulius yang kini juga menjabat Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip. 
 
Menurut Yulius, perjalanan kehidupan memang penuh misteri. Seperti saat ini, ketiga rekannya yang pernah tinggal satu kos-kosan, salah satunya bakal menjabat Sekda. 

"Akhir hidup kita tidak ada yang tahu. Berbuat dan bersikap baik cara terbaik mengisi kehidupan," pungkas Yulius. ig/fa

1190

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id