Kades Karangrejo: Transparansi Adalah Kunci Kepercayaan Warga Atas Dana Desa

Kepala Desa Karangrejo, Tinaksan bersama sang istri

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Dalam upaya meningkatkan transparansi penggunaan Dana Desa, Kepala Desa Karangrejo, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo Tinaksan, memasang papan nama yang memuat rincian anggaran untuk setiap proyek pembangunan di desanya.

Langkah ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat bagaimana dana desa dimanfaatkan dan digunakan secara jelas dan terbuka.

Pada tahun 2023, Desa Karangrejo, Kuripan, Kabupaten Probolinggo, menerima Dana Desa sebesar Rp 909.272.000. Anggaran tersebut dialokasikan untuk berbagai program, termasuk pembangunan infrastruktur, pengentasan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting, serta program-program lainnya yang telah disetujui oleh warga melalui Musyawarah Desa (Musdes).

"Melalui papan nama yang memuat rincian anggaran ini, kami ingin memastikan bahwa masyarakat tahu secara detail bagaimana dana desa digunakan. Transparansi adalah kunci agar masyarakat merasa dilibatkan dan percaya pada pengelolaan dana desa," ujar Kades Karangrejo Tinaksan, Selasa (11/6/2024).

Program-program yang dibiayai dari dana desa ini mencakup berbagai aspek yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pembangunan infrastruktur bertujuan untuk memperbaiki fasilitas umum, sementara program pengentasan kemiskinan ekstrem dan penanganan stunting ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup warga Desa Karangrejo, Kecamatan Kuripan.

Setiap program yang dilaksanakan telah melalui proses persetujuan dalam Musdes, memastikan bahwa semua kegiatan yang dilakukan memang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi warga. Hal ini juga memperkuat prinsip partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. ig/fat/fa

 

 

293

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id