Ini Tempat Relokasi Angkringan di Jalan Suroyo Kota Probolinggo

Ilustrasi angkringan (foto: pngtree)

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo mengambil relokasi terkait terkait banyaknya angkringan yang telah lama menduduki trotoar sepanjang Jalan Suroyo.

Probolinggo berencana melaksanakan relokasi angkringan yang selama ini menjajakan kopi dan makanan di trotoar tersebut pada Minggu (1/10/2023).

Selama beberapa waktu terakhir, trotoar Jalan Suroyo menjadi tempat berkumpulnya belasan angkringan yang dioperasikan oleh para pemuda.

Diketahui, penggunaan trotoar sebagai tempat berjualan angkringan sebenarnya sudah dilarang sebelumnya, mengingat trotoar adalah hak pejalan kaki.

Namun, para pemilik angkringan tetap bersikukuh. Oleh karena itu, Pemkot Probolinggo telah mengeluarkan keputusan resmi untuk merelokasi mereka ke tempat-tempat yang telah ditentukan.

Adapun para penjual dan pelanggan di angkringan itu kebanyakan dari generasi muda. Angkringan-angkringan ini buka dari pukul 18.00 WIB hingga dini hari.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (DKUP) Kota Probolinggo, Fitriawati Jufri, menyebut, ada dua lokasi relokasi yang telah disiapkan.

“Pertama adalah area Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), yang juga dikenal sebagai kebun binatang mini, dan kedua adalah Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) di Alun-Alun Kota Probolinggo,” sebut Fitriawati.

Fitriawati tidak merinci jumlah pasti angkringan yang akan direlokasi, namun ia telah berkomunikasi dengan para pemilik angkringan terkait rencana ini.

Fitriawati menegaskan, itu bukan penggusuran, tetapi relokasi. Ia berharap, pada tanggal 1 Oktober, trotoar Jalan Suroyo akan bersih dari angkringan.

“Saya juga berharap bahwa para pemilik angkringan di Kota Probolinggo akan mendukung relokasi ini dan menjaga keindahan serta ketertiban kota. Kami yakin bahwa tempat baru akan lebih aman dan nyaman untuk berjualan," katanya. ig/fat

804

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id