Ini Pesan Kiai dalam Haul Akbar dan Halal Bihalal Ponpes Darul Lughah

Pengasuh Pondok Pesantren Darullughah Wal Karomah, KH Amir Mahmud Ali Wafa Baidlowi

PROBOLINGGO, beritakata.id – Sejumlah ulama di Kabupaten Probolinggo berkumpul di GOR Cabang Pondok Pesantren Darullughah Wal Karomah II dalam kegiatan Haul Akbar KH. Ahmad Baidlowi serta Pengasuh dan Halal Bihalal Ikatan Santri dan Alumni Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah (IKSADA), Minggu (29/5/2022).

Terletak di Jl Patemon, Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Ketua PCNU Kota Kraksaan, KH. Sihabuddin Soleh dan Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatul Banat, Desa Sentong, Kecamatan Krejengan, KH. Sholeh Isnaini turut menghadiri kegiatan itu.

Pengasuh Pondok Pesantren Darullughah Wal Karomah, KH Amir Mahmud Aliwafa Baidlowi mengatakan, banyak keutamaan yang diperoleh dalam halal bi halal ini.

“Selain mengingatkan kita kepada para Muassis dan Almamater pesantren, kita bisa mempererat silaturahmi antar alumni. Insya Allah, barokah dari para guru kita sebelumnya juga turut menyertai,” ujarnya memberi sambutan.

Menurutnya, kualitas pondok pesantren bisa dilihat dari alumninya. Ia pun berpesan kepada alumni agar selalu kompak untuk menjaga dan membangun pesantren bersama.

“Saya lebih mendoakan santri daripada anak sendiri di Baitullah. Biar Allah yang mengurus anak-anak saya ke depan. Santri kompak, saya senang,” ujar kyai yang kerap disapa Syaikh Mahmud itu. 

Hal senada juga disampaikan oleh KH. Sholeh Isnaini. Ia pun menengaskan, status santri akan terus diemban sampai kapan pun walau raga sudah tidak ada di pesantren.

“Ta’dzim kepada guru merupakan salah satu kewajiban seorang murid. Besarnya Sebuah Pesantren tergantung pada alumni,” sebutnya.

Terkait halal bihalal sendiri, KH. Sholeh menyebut, di kitab manapun, tidak ada bab yang membahas halal bihalal. Akan tetapi, ini adalah adat di bulan Syawal namun prakteknya setiap hari.

“Manusia itu tempatnya salah dan lupa. Oleh karena itu, di kesempatan yang jarang seperti ini, kita manfaatkan momen  untuk saling memaafkan dan mempererat silaturahmi. Teruslah berbuat baik, memaafkan, dan membantu kepada orang yang jahat, dzolim maupun tidak pernah membantu kita. Insya Allah kita menjadi ahlul jannah” tandasnya. ig

1413

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id