DPRD Serahkan Rekomendasi LKPj, Janji Ditindaklanjuti

Plt Bupati Joko (kiri) menerima keputusan rekomendasi dari pimpinan DPRD.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo menyerahkan keputusan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Probolinggo Tahun Anggaran 2022 kepada Plt Bupati Timbul Prihanjoko. 

Rekomendasi tersebut diberikan dalam rapat paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Probolinggo, Selasa (9/5/2023).

Rapat yang dipimpin oleh Andi Suryanto ini dihadiri oleh Pimpinan dan anggota DPRD. Dari pihak eksekutif hadir Plt Bupati, Sekda Ugas Irwanto dan para kepala OPD. 

Andi mengatakan, rekomendasi ini merupakan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah. 

Rekomendasi ini diberikan setelah memperhatikan laporan hasil kegiatan Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD untuk mencermati, membandingkan dan menelaah LKPj Bupati Probolinggo Tahun Anggaran 2022.

"Kami minta rekomendasi ini dijalankan sebagai perbaikan ke depan," tukas Andi. 

Joko menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan segenap anggota DPRD yang telah melakukan pembahasan terhadap LKPj tahun 2022 tersebut secara intensif.

”Termasuk pembahasan pada rapat dengar pendapat bersama Pansus LKPj. Saat itu banyak kritik, saran dan masukan yang disampaikan oleh anggota Pansus demi kemajuan Kabupaten Probolinggo ke depan,” katanya.

Menurut Joko, penyampaian LKPj tahun 2022 merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. 

Bahwa laporan disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada DPRD yang memuat hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menyangkut laporan pertanggungjawaban kinerja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah selama 1 (satu) tahun anggaran.

“Rekomendasi ini sebagai koreksi dan upaya peningkatan kinerja pemerintah daerah ke depan,” terangnya.

Joko menegaskan akan memperhatikan dan menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan dalam melaksanakan tugas-tugas pada masa mendatang. 

Utamanya dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Probolinggo. ig/**/fa

902

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id