Dewan Beri Solusi Pertemuan Terbaru Eks Karyawan Pabrik Kecap Cap Orang Jual Sate

Salah satu eks karyawan menunjukkan bukti (foto: timesindonesia.co.id)

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Eks karyawan Pabrik Kecap Cap Orang Jual Sate tetap memperjuangkan hak mereka dalam pertemuan terbaru dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo pada hari Rabu (11/10/2023).

Pertemuan ini menjadi langkah penting dalam upaya mencari solusi terkait sengketa mereka dengan PT Sinarmas Surya Sejahtera.

Dalam pertemuan tersebut, para eks karyawan yang didampingi oleh kuasa hukumnya, Agus Rudianto Gofur, membawa bukti pembayaran gaji pada tahun 2016 oleh PT Sinarmas Surya Sejahtera.

Bukti-bukti ini dengan jelas mengonfirmasi bahwa mereka telah bekerja sejak tahun 2016, bukan pada tahun 2018 seperti yang diklaim oleh perusahaan.

Dampak dari temuan ini adalah keberlanjutan tuntutan 25 eks karyawan untuk memperoleh kompensasi atas pengabdian mereka selama dua tahun, dari 2016 hingga 2018.

Gofur menjelaskan, untuk pesangon memang sudah dibayarkan ketika diberhentikan dan terdata sampai tahun 2018.

“Dan terbukti dengan adanya data baru ini, mereka bekerja mulai tahun 2016. Artinya selama dua tahun ini harusnya mereka mendapatkan reward dari perusahaan," terangnya.

Wakil Ketua I DPRD Kota Probolinggo, Nasution, menyarankan agar dinas terkait segera mengadakan pertemuan kembali dalam dua pekan mendatang untuk mencari penyelesaian terbaik.

"Kami berharap persoalan ini dapat selesai dengan baik dan tidak harus sampai ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)," ujarnya.

Kepala Disperinaker Kota Probolinggo, Budiono Wirawan, mengonfirmasi bahwa mereka akan mengundang pihak perusahaan untuk pertemuan ketiga, dengan harapan bahwa pihak perusahaan akan membawa solusi yang bisa mengakhiri sengketa ini.

"Kami akan berkomunikasi serta berkirim surat untuk mengundang pihak perusahaan. Tentunya, dengan harapan pihak yang hadir nantinya akan mampu memberikan kebijakan yang dapat mengakhiri persoalan pabrik kecap ini," kata Budi. ig/fat

557

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id