Australia Berikan Dana Hibah Rp 500 Juta

Fiona dan Ugas Irwanto di sela-sela penyerahan dana hibah.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Kedubes Konsul Jenderal Australia di Surabaya Fiona Hoggart menyerahkan dana hibah Rp 500 juta. 

Hibah diberikan kepada Organisasi Muslimat NU Kabupaten Probolinggo dan Pertuni atau penyandang disabilitas melalui penandatanganan hibah di pendopo, Kamis (23/2/2023).

"Total hibah Rp 500 juta dari pihak Ibu Fiona," kata Sekda Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto kepada beritakata.id, Jumat (24/2/2023). 

Menurut Ugas, Kabupaten Probolinggo menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan hibah pembangunan infrastruktur jalan melalui program PRIM yang bekerjasama dengan Pemerintah Australia. 

Dengan program ini semua pihak bisa belajar bagaimana nantinya dapat mengoptimalkan peran serta Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dalam mendukung pelibatan perempuan, penyandang disabilitas dan kelompok rentan lainnya. 

"Ini mendorong perempuan dan penyandang disabilitas terlibat dalam pekerjaan konstruksi serta melibatkan masyarakat untuk memastikan infrastruktur dapat memenuhi kebutuhan. Kita telah berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan pembangunan inklusi yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh kelompok masyarakat," ujar Ugas. 

Fiona mengaku dengan senang hati mendukung terlibatnya masyarakat sipil di sektor infrastruktur melalui kebijakan hibah baru GESIT yang dilaksanakan Kemitraan Indonesia Australia untuk infrastruktur (KIAT).

"Australia menempatkan prioritas penting kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial yang menjadi prioritas lintas sektor untuk kemitraan infrastruktur Australia dengan Indonesia," ujar Fiona. 

Prosesi penandatanganan kesepakatan hibah kesetaraan gender dan Inklusi Sosial dalam Infrastruktur (Gesit) dilakukan oleh Ketua PC Muslimat NU Kabupaten Probolinggo Nurayati, Tim Leader GESIT Smita Notosusanto dan Ketua Pertuni Kabupaten Probolinggo Muhammad Ansori disaksikan langsung oleh Fiona Hoggart dan Sekda Ugas. ig/fa

1349

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id