Wakil Ketua MPR: Indonesia Negara Terkaya Dunia 2045

Muzani memaparkan sosialisasi empat pilar di Unuja.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Ahmad Muzani, mendorong para santri untuk memunculkan kreativitasnya di zaman yang serba modern ini untuk memajukan bangsa. 

Dalam kuliah umum di Universitas Nurul Jadid Paiton, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (3/9/2022), Muzani mengatakan, diperkirakan, tahun 2045 nanti, Indonesia akan menjadi negara terkaya nomor empat atau lima di dunia. Saat ini, Indonesia masuk menjadi anggota G20 dan menduduki peringkat ke-16. 

"Pada saat itulah, kalian generasi bangsa yang akan meneruskan dan memimpin bangsa ini. Dan ini merupakan tugas  kami (MPR RI) mensosialisasikan kepada kalian empat pilar MPR RI untuk mewujudkan hal itu," kata Muzani. 

Dengan itu, diharapkan bisa menghidupkan kembali nilai-nilai perjuangan dan rasa nasionalisme sesuai semangat proklamasi kemerdekaan RI tahun 1945.

Pilar pertama adalah Pancasila yang menjadi dasar dan ideologi negara. 

Kedua, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR. 

Ketiga, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara. 

Keempat, Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetapi tetap satu jua) sebagai semboyan negara. 

"Negara hebat adalah negara yang menghargai ilmu. Di Amerika Serikat, semua ilmu dihargai. Bisa kita lihat, semua penemuan ada di sana. Mereka mampu menguasai berbagai macam bidang. Oleh karena itu, saya yakin, generasi muda saat ini termasuk yang dari golongan santri juga menghargai ilmu dan memajukan Indonesia," jelas Muzani. ig/fat

720

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id