Ulama dan LSM Minta KASN Tidak Mempersulit Hasil Seleksi Sekda Probolinggo

Gus Hafidz meminta KASN segera mengeluarkan rekomendasi atas hasil seleksi sekda.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Pimpinan Majelis Syubbanul Muslimin Nurul Qodim KH Hafidzul Hakiem Noer meminta Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tidak mempersulit keadaan terkait hasil seleksi jabatan sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Probolinggo. 

Pasalnya, tiga nama calon sekda hasil seleksi adalah produk sah, sesuai mekanisme dan peraturan yang berlaku. 

"Kami mendukung hasil seleksi tersebut.   Saya minta KASN tidak mempersulit keadaan. Jangan mau diperalat kepentingan kelompok tertentu," kata Gus Hafidz, panggilan akrabnya, Rabu (7/12/2022). 

Gus Hafiz menambahkan, dirinya berharap KASN segera mengeluarkan rekomendasi terkait tiga calon sekda hasil seleksi, karena masyarakat butuh kepastian hukum dan pelayanan. 

"Kalau semuanya ikut campur, carut-marut ini. Kabupaten Probolinggo tidak segera pulih," kata Gus Hafidz. 

Sementara, Ketua LSM Gajah Mada M. Khairi meminta KASN tidak menambah persyaratan yang tidak ada dalam persyaratan seleksi sekda. Sebab, semua persyaratan dan peraturan sudah dijalankan panitia seleksi sekda. 

"Panitia seleksi sekda sudah menunjukkan kinerjanya. Saat ini sudah ada tiga calon sekda yang tinggal diumumkan dan dilantik. Tiga calon sekda hasil seleksi sudah sah dan mereka semua layak jadi sekda," ujar Khairi. 

Khairi melanjutkan, ketiga calon sekda tersebut memiliki hak untuk menjabat sekda menggantikan Soeparwiyono yang segera pensiun. 

Diberitakan sebelumnya, pada temu media di Guest House Jumat (2/12/2022), Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko mengatakan KASN menunda rekomendasi atas tiga calon sekda, karena ada pengaduan dari masyarakat. 

Diketahui, panitia seleksi sekda menetapkan tiga calon sekda. Yaitu Asisten Pemerintahan dan Kesra  Heri Sulistyanto, Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto dan Kepala Dinas PMD Edy Suryanto. ig/fa

1693

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id