Pemkab Probolinggo Ambil 73 Sampel Darah Sapi Pasca-Vaksinasi PMK

Drh Niko turun langsung mengambil sampel darah sapi.

PROBOLINGGO, BERITAKATA id – Kadis Pertanian Ir Mahbub Zunaidi melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Kabupaten Probolinggo Dokter Hewan (Drh) Nikolas Nuryulianto menegaskan, tim pelaksana surveilans mengambil 73 sampel darah ternak pasca-vaksinasi di 42 desa se-Kabupaten Probolinggo. 

Dari hasil kegiatan surveilans pasca-vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), diperoleh  sampel darah sapi sesuai dengan petunjuk teknis  yang berlaku. 

Kemudian pemisahan serum dari sampel darah yang telah diperoleh di desa. Serta
penyimpanan serum di freezer hingga diambil oleh Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta. 

“Kami berharap masyarakat pemilik ternak yang sudah divaksin PMK ikut berpartisipasi untuk bersedia ternaknya diambil sampel darahnya, demi Indonesia yang bebas PMK khususnya di wilayah Kabupaten Probolinggo Probolinggo,” tukas Niko, Kamis (10/11/2022). 

Menurut Niko, sapaan akrab Drh Nikolas Nuryulianto, tujuan dilaksanakan kegiatan surveilans pasca-vaksinasi PMK secara umum adalah untuk membuktikan status bebas penyakit dan deteksi dini kejadian penyakit di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. 

“Tujuan secara khusus adalah untuk merespon dini penularan penyakit baru dengan sangat cepat untuk pengendalian yang lebih efektif,” jelas Niko. ig/fa

782

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id